Cerita anak : Gunung, Baskom, Burung Kecil, Elang Dan Bangkai

Baskom emasSeorang pria bijaksana dari Bani Israel mengalami mimpi nyata yang menyuruhnya untuk pergi keluar kota, dan memakan apa yang dilihatnya pertama kali, menutupi dan menyembunyikan yang kedua, tidak membunuh yang ketiga, tidak mengecewakan yang keempat serta melarikan diri dari apa yang dilihatnya setelah itu.

Pria bijaksana ini mematuhi mimpi nyata itu dan telah berjalan sampai beberapa mil di luar dinding kota. Yang pertama kali dilihatnya adalah gunung hitam yang sangat besar. Dia jadi terperanjat dan berkata pada dirinya sendiri, “Aku diperintah memakan gunung hitam itu, bagaimana aku akan melakukannya, tapi aku harus mematuhi perintah!” saat langkahnya semakin dekat dengan gunung itu, keanehan terjadi karena kini gunung itu jadi mengecil dan semakin mengecil. Begitu dia sampai, gunung itu benar-benar telah menyusut menjadi seukuran seporsi makanan, jadi dia memakannya dengan mudah sekali dan rasanya manis bagaikan madu. Setelah selesai makan, dia berterima kasih kepada Allah dan meneruskan perjalanannya.

Benda selanjutnya yang dilihat pria bijaksana itu adalah baskom emas. Dia lalu menggali lubang dan menguburnya serta mulai meneruskan perjalanan. Pada waktu menoleh kebelakang, dia melihat ternyata baskom yang telah dikuburnya itu muncul diatas tanah. Dia berbalik kembali lagi sambil bergumam, “Ini sangat aneh”. Dikuburkan sekali lagi baskom itu. Kejadian aneh itu berulang-ulang hingga tujuh kali.

Berikutnya ada burung kecil mendarat pada pria itu dan berkata, “Wahai pria bijaksana, Tolong selamatkan aku!” segera disembunyikannya burung itu dibalik mantelnya.

Sesudah itu seekor elang datang dan berkata, “Wahai pria bijaksana, jangan mengecewakan aku!” Pria itu pun memberikan semua makanan yang dibawanya.

Pria itu berjalan lagi, tiba-tiba dia melihat ada bangkai yang sudah membusuk. Dia segera berlari sekencang-kencangnya menjauh darinya.

Akhirnya, pria itu kembali pulang ke rumahnya dan berdoa, “Saya telah mengerjakan apa yang diperintahkan dan berharap sekali makna semua kejadian itu dijelaskan kepada saya.” Sebuah suara terdengar menjawab, “Gunung hitam menggambarkan kemarahan manusia. Dipermulaan berupa gunung yang besar, lalu menyusut menjadi seteguk madu menandakan amarah yang mereda. Baskom melambangkan seperti perbuatan baik yang tidak akan bisa di sembunyikan. Adapun burung kecil itu bagaikan seseorang yang memohon perlindunganmu, jangan meninggalkannya atau mengirimnya pada orang lain. Sedangkan burung elang, menggambarkan seseorang yang meminta pertolonganmu dan kamu sebaiknya tidak membuatnya kecewa, meski kamu tidak mempunyai apa yang dibutuhkannya. Dan yang kelima yaitu bangkai busuk melukiskan pengkhianatan dan fitnah, mereka bagaikan bangkai berbau yang mengotori sekitarnya – menjauhlah dari keduanya.

TAMAT


Cerita anak : Gunung, Baskom, Burung Kecil, Elang Dan Bangkai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar