Fakultas Hukum Unwir Indramayu


FAKULTAS HUKUM


Logo Unwir fakultas hukumProgram Studi Ilmu Hukum adalah program studi yang dimiliki oleh Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu. Program studi ini didirikan berdasarkan Akte Yayasan Pembina Universitas Wiralodra Indramayu yang dibentuk pada tanggal 17 Juli 1982 dengan legalitas Akte Notaris Atiah Djahari, SH. Nomor 56 selanjutnya, Akte Notaris tersebut diperbaharui dengan Akte Notaris Nomor 138 tanggal 19 Desember 1996 jo. Nomor 55 tanggal 8 September 1999, jo. Nomor 58 tanggal 30 Oktober 2001.

Izin Penyelenggaraan diberikan kepada Universitas Wiralodra Indramayu berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 508/O/1982 tanggal 17 Juli 1982. Untuk pertama kali Fakultas Hukum memperoleh status terdaftar berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 079/O/1985, status terdaftar tersebut telah diperbaharui dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 0123/O/1992 tanggal 2 Maret 1992 untuk jurusan/program studi jenjang program S1 Keperdataan dan Pidana. Izin operasional diberikan kepada Universitas Wiralodra Indramayu berdasarkan SK Departemen Pendidikan Tinggi Nomor 3087/D/T/2003 tanggal 27 Oktober 2003.


Sampai saat ini, program studi memiliki 1377 orang mahasiswa ditambah 89 orang mahasiswa transfer dari 24 angkatan, serta memiliki 321 lulusan.

Visi


Meluluskan sarjana hukum yang mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu hukum, berdisiplin dan peduli terhadap lingkungan, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa


Misi





    • Mampu meluluskan sarjana hukum berkualitas dengan batas waktu penyelesaikan studi minimal dengan hasil IPK maksimal (memuaskan).

    • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara professional, kreatif dan peduli terhadap lingkungan;

    • Melaksanakan penelitian yang menunjang pengembangan ilmu hukum dan menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat secara edukatif, konsisten dan terprogram;

    • Menciptakan iklim kebersamaan dan nilai-nilai agamis di kalangan sivitas akademika;



Tujuan


Tujuan program pendidikan ilmu hukum ialah untuk menghasilkan Sarjana Hukum yang :



  • Mampu memahami dasar-dasar teori, asas hukum, konsep hukum dan hukum positif serta memiliki keterampilan dasar penelitian untuk pengembangan ilmu hukum.

  • Mampu menerapkan asas dan kaidah hukum positif dalam menangani masalah-masalah hukum secara profesional.

  • Mampu bersikap dan berperilaku yang humanis, etis dan religius.

  • Mewujudkan program studi yang unggul dalam penyelenggaraan proses belajar-mengajar, sistem informasi, dan suasana akademik (academic atmosphere).

  • Menghasilkan lulusan yang profesional, berintegritas moral dan sadar hukum, serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmu hukum dan mampu bersaing secara nasional, regional dan global.

  • Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan kemahiran hukum yang dimiliki sehingga mampu mengelola masalah-masalah hukum dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional.



Fakultas Hukum Unwir Indramayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar